Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal tentang Blog AMP, Blog yang di manjain oleh Google karena lebih cepat

Google AMP sudah diluncurkan oleh Google pada Februari 2016 lalu, AMP singkatan dari (Accelerated Mobil Pages), kenapa di manjain google ? karena fitur dari google yang sangat mudah diterapkan di website/blog kita, keunggulannya fitur AMP untuk mempercepat proses loading suatu website/blog terutama saat kita mengakses menggunakan perangkat smartphone. Karena hal ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung atau visitor di website kita yang mempunyai fitur AMPnya.


Alasan Google AMP diperkenalkan bagi para pengguna blog/web di seluruh dunia secara umum, perangkat ini akan bekerja dengan cara menurunkan spesifikasi data website. Jadi, tampilannya terlihat jauh lebih simple jika kita bandingan dengan ketika kita mengunjungi website tersebut menggunakan browser di PC, maka dari itu Google AMP menjadikan website lebih mudah dibaca dengan cepat tanpa memerlukan waktu loading yang cukup lama.

Dengan kita menerapkan Google AMP ini trafik kunjungan akan semakin meningkat, terlebih lagi banyaknya pengguna internet mengakses sebuah informasi melalui mobile browser. Pada teknisnya, adanya sebuah fitur Google AMP ini akan menyimpan cache website pada awalnya, dan cache inilah yang akan dimuat kembali pada sebuah browser sehingga tidak perlu untuk mendownload/mengunduh file berulang kali untuk sekedar membuka halaman blog/website yang nantinya akan dibuka kembali alamatnya. Terdapat 3 komponen utama untuk membuat sebuah halaman Google AMP yang kita butuhkan yaitu :

AMP Kode HTML

Pada AMP HTML terdiri dari custom tag misalnya AMP image, AMP video, dan  AMP iklan. AMP HTML digunakan untuk mengurangi penggunaan tag javascript, CSS, HTML dan memberikan prioritas untuk pengguna mobile. AMP HTML ini akan bekerja menyesuaikan gambar, memperkecil ukuran pada CSS atau HTML dan juga inline CSS.

AMP JS

AMP JS merupakan framework pada JavaScript yang bertujuan untuk mempercepat akses kita melalui smartphone dengan menggunakan metode asynchronous. Pada saat proses rendering di halaman blog/web kita ini akan menjadi lebih cepat dengan bantuan dari AMP JS.

AMP CDN

Dan untuk terakhir yaitu AMP CDN difungsikan sebagai penyimpanan file website sebagai cache sehingga ketika kita akses secara berulang-ulang maka kita tidak perlu mendownload kembali di server. Jadi fitur terbaru google ini lah yang mempermudah kita dalam mengakses blog/website dengan cepat tanpa perlu menunggu lama.
Berikut apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan fitur terbaru Google AMP sebagai berikut :

Meningkatkan Pengunjung Blog atau Website

Dengan fitur terbaru dari Google ini, memudahkan pengunjung dalam mencari blog/website secara cepat dan mudah. Sehingga para pengunjung merasakan manfaat yang besar dengan fitur terbaru Google AMP ini.

Mempengaruhi Pada Saat Pencarian Blog atau Website

Google AMP akan mempengaruhi pencarian Blog atau Website yang pengunjung cari karena loading blog, page views dan peringkat dalam mesin pencarian saling berpengaruh satu sama lain maka dari itu blog/website kita akan berkesempatan menjadi halaman pertama pada saat hasil pencarian yang dilakukan pengunjung.


Oke itu saja pembahasan yang saya buat, semoga dengan pengetahuan ini kita bisa lebih tau dan mengerti, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenal tentang Blog AMP, Blog yang di manjain oleh Google karena lebih cepat"