Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Pemula

Kata Pemula, sering diartikan dengan tidak tahu apa-apa, tidak mengerti masih belum ada ilmunya sedikitpun, atau tidak tahu dalam melakukan sesuatu hal tersebut. Nah, di blogger ini walaupun sepele tapi ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak sebaiknya yang kalian lakukan.

Oleh karena itu saya akan membagi tips tentang blogging dan kesalahan yang harus kita hindari terutama bagi pemula yang perlu diketahui.

Tips Blogging untuk Pemula

4 Tips Blogging

Pada tips yang saya bagikan kepada kalian dalam membuat blog, yaitu :

1. Membuat Konten Sesuai Passion Anda

Dalam membuat konten, sebaiknya tulis yang memang kalian disukai, dan kalian memang mampu membuat konten tersebut, misalnya tentang Teknologi dan IT, bisnis online, memasak, dan lain-lain.

Ketika kalian menyukai konten yang dibuat, atau suka dengan bahasan yang dibahas, tentunya kalian akan lebih mudah membahas dan mengulas pokok bahasan tersebut secara lancar dan benar.

2. Selalu Interaktif terhadap Pembaca

Tips yang kedua adalah untuk menarik perhatian para pengunjung/visitor, lakukan interaktif dengan pengunjung, misalnya tanya jawab dan sebagainya. Tidak ada salahnya kita menanyakan apakah ada saran atau masukan yang diberikan oleh pengunjung, selain baik untuk berkomunikasi oleh pengunjung, kita juga mampu meningkatkan kualitas blog kita sendiri kedepannya.

3. Berusaha Jadi Diri Sendiri

Ketika kita menjelaskan suatu konten atau ide pokok bahasan ke dalam blog kita sendiri, buatlah sebaik mungkin jangan ikut-ikutan blog orang lain. Maksudnya adalah ketika kita dapat menjelaskan isi konten yang kita buat sesuai dengan gaya bahasa kita sendiri. Dan pastikan buat tulisan sebaik mungkin, mudah dimengerti oleh pembaca blog kita.

4. Membuat Konten sesuai dengan Para Pengunjung

Kita juga sebaiknya membuat konten yang dibagikan dengan ciri khas atau karakteristik para pengunjung blog kita. Caranya simpel, kalian hanya perlu memperkirakan dengan konten yang dibuat, lalu pengunjung seperti apa yang membaca ulasan kita. Maka kita akan mudah menyesuaikan desain konten dengan ciri pembaca itu sendiri.

5 Kesalahan yang Harus Dihindari

Pada saat kita memulai blog, ada hal yang perlu kita hindari agar memaksimalkan blog yang kita buat, yaitu :

1. Tidak Konsisten Dalam Ngeblog

Ini adalah ciri yang utama dan paling umum yang sering terjadi bagi para blogger yaitu Tidak Konsisten, Kebanyakan para blogger hanya konsisten di awal saja dalam membuat konten. Ini yang harus kita hindari dan perlu mencegahnya agar blog kita kualitasnya bagus dipandang oleh pengunjung dan juga oleh Google. Semakin kita rajin update konten blog, maka semakin dilirik oleh pengunjung dan Google juga.

2. Tidak Fokus Pembahasan Konten

Terkadang ada blog yang tidak fokus dengan konten yang dibuat, misalnya awal blog yang dibuat adalah tentang masakan, dan beralih konten ke make up. Ini juga mempengaruhi kualitas blog kita, jika emang fokus yang dibahas salah satu pilihlah sesuai passion kalian.

3. SEO Kurang Diperhatikan

SEO ini adalah sebuah kunci atau strategi kita, untuk mempermudah para pengunjung/visitor menemukan blog yang kita buat. Oleh karena itu kita harus mempelajari juga apa sih SEO itu dan bagaimana membuat SEO agar blog kita ditemukan oleh pengunjung/visitor.

4. Copas Blog Orang Lain

Seorang Blogger pemula pasti ingin membuat artikel secara instan/cepat, nah tentunya pasti kalian akan melakukan copas artikel blog orang lain ke blog kita. Jangan sampai kita melakukan hal ini, karena blog kita akan mendapatkan peringan dari google bahwa blog yang kita buat di anggap spam oleh google. Jadi sebaiknya buatlah konten original yang kalian buat dengan tata bahasa kalian sendiri.

5. Membuat Judul Konten yang Kurang Menarik

Nah, yang terakhir perlu diingat membuat judul konten juga harus bisa menarik pengunjung agar blog kita sering dilihat oleh banyak orang, walaupun judul konten sepele tapi ia yang bisa membuat blog kita banyak pengunjung. Akan tetapi jangan membuat judul yang berbau "clickbait" karena akan membuat para pengunjung/visitor tidak nyaman dan membuat kualitas blog kita menjadi buruk.

Oke itu saja yang saya share tipsnya semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan tulis dikolom komentar...

Post a Comment for "4 Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Pemula"