Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Dasar Jaringan Komputer (Basic Computer Networking) Part 1

 Kali ini kita akan mengupas lebih dalam dasar dari Basic Computer Networking versi saya sendiri, dan semoga paham apa yang saya share dalam artikel yang saya tulis ini. Untuk artikel saat ini kita bahas tentang Jaringan Komputer dan Manfaat Jaringan Komputer kita bahas satu persatu ya..

Materi 1 - Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah suatu hubungan dua atau lebih komputer yang terpisah, melalui media komunikasi untuk melakukan suatu komunikasi antara data satu dengan data yang lain dan bertukar data. Tujuan jaringan komputer adalah agar dua atau lebih komputer tersebut dapat mencapai tujuannya dan saling meminta serta memberikan layanan misalnya, berbagi data (sharing file), database, berbagi sumber daya, perangkat komunikasi (modem, hub, repeater, router, sharing internet access, dll).

Keuntungan dari jaringan komputer ini sebagai berikut :

  1. Keamanan / Security : Jaringan komputer memiliki proteksi dan keamanan terhadap data - data penting dari sebuah perusahaan, organisasi maupun pribadi.
  2. Berbagi File / Sharing File : Komputer yang saling terhubung dengan jaringan dapat berbagi file antara komputer A dengan komputer B dan sebagainya.
  3. Akses Fleksibel / Flexible Access : Pengguna / User dapat mengakses data - data yang terpusat dari komputer manapun.
  4. Biaya / Cost : Meminimalisir biaya karena dapat berbagi hardware antar komputer satu dengan yang lain.
  5. Manajemen Perangkat Lunak Terpusat / Centralized Software Management : Memusatkan program aplikasi dan mengurangi waktu dan tenaga untuk instalasi program daripada instalasi satu per satu.
  6. Berbagi Sumber Daya / Resource Sharing : Jaringan komputer dapat mengatasi permasalahan terbatasnya hardware misalnya printer, CD-ROM, dll serta data.
  7. Kecepatan / Speed : Dengan adanya jaringan komputer akan mempercepat arus informasi dan pekerjaan kita akan lebih cepat dan efisien.
Konfigurasi Jalur merupakan jumlah alat yang ada di dalam hubungan (Link). Ada dua jenis yaitu :
  1. Point to Point : Hubungan antar dua peralatan jaringan yang digunakan.
  2. Multipoint : Hubungan antar lebih dari dua perangkat jaringan yang digunakan.
Terdapat 2 macam jaringan komputer berdasarkan arsitektur-nya antara lain :
  1. Peer to Peer adalah jaringan komputer yang terdiri dari komputer A saling berhubungan dengan komputer B tanpa komputer pusat (server base). Pada setiap komputer terdapat media penyimpanan berupa harddisk yang digunakan untuk server individu.
  2. Client Server  adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa node (workstation) yang terhubung dengan komputer pusat (Server). Pada jaringan ini sistem kerja workstation tergantung dari komputer pusat dan komputer pusat bertugas melayani permintaan akses dari workstation itu sendiri.

Materi 2 - Manfaat dari Jaringan Komputer

Berbagai macam manfaat dari pembentukan jaringan komputer bagi perusahaan atau organisasi antara lain :

1. Menjaga Data - Data dan Informasi yang Bersifat Rahasia

Jaringan Komputer memiliki manfaat proteksi data-data penting kita misalnya jika jaringan kita bersifat lokal maka hanya komputer itu saja yang terhubung pada jaringan tersebut yang bisa membuka atau mengakses data tersebut. Ada juga dengan cara data dipusatkan pada server, melalui pengaturan hak akses dari para pengguna / pemakai serta penerapan dengan system password maka tidak ada data yang bocor karena sudah diproteksi.

2. Sistem Terdistribusi

Dengan adanya jaringan komputer kita bisa memanfaatkannya dengan cara mendistribusikan proses dan aplikasi sehingga dapat mengurangi jika terjadinya bottleneck ataupun tumpukan pekerjaan pada satu bagian.

3. Mempermudah Berbagi File (Sharing File)

Jaringan Komputer dapat kita manfaatkan yaitu berbagi file antara komputer kita dengan komputer lain yang saling terhubung pada jaringan kita dan proses berbagi filenya lebih cepat daripada kita harus berjalan dari lantai 1 ke lantai 2 ataupun 3 dan itu akan menguras tenaga dan waktu yang digunakan.

4. Memudahkan Komunikasi

Jaringan Komputer memudahkan kita berkomunikasi beberapa pengguna komputer yang lain dan komunikasi ini sangat penting menjaga kestabilan dan keharmonisan dari suatu perusahaan maupun organisasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

5. Meng-integrasikan data

Jaringan Komputer diperlukan untuk mengintegrasikan data antara komputer client dengan komputer client yang lain sehingga memperoleh suatu data yang paling relevan.

6. Berbagi Peralatan (sharing resource)

Jaringan Komputer memungkinkan penggunaan bersama peralatan komputer berbagai brand, yang semula tersebar di berbagai tempat ruangan, unit, dan departemen sehingga meningkatkan efektivitas dari penggunaan sumber daya tersebut.

7. Arus Informasi Sangat Cepat

Jika kita ingin mendapatkan informasi secara cepat dan akurat maka kita harus menggunakan Jaringan Komputer karena suatu informasi berjalan cepat dengan adanya jaringan tersebut, mengalirkan data-data komputer client kedalam server secara terpusat dan jaringan mampu untuk mendistribusikan informasi tersebut dengan cepat dan akurat.



Oke sampai disini pembahasan materi dasar jaringan komputer semoga bermanfaat...

Post a Comment for "Memahami Dasar Jaringan Komputer (Basic Computer Networking) Part 1"