Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Step by Step Installasi Active Directory Windows Server 2019 ( Bagian 2 - Installasi Active Directory )

Sedikit menambah wawasan apa sih active directory itu ? Active Directory adalah layanan directory yang berjalan di Windows Server untuk mengelola sumber daya jaringan, untuk mengelola aturan hak akses dan security pada user(pengguna) di suatu perusahaan. Active Directory pada hakikatnya merupakan implementasi dari protokool Lightweight Directory Access Protocol (LDAP). Suatu informasi basis data Active Directory disimpan di dalam sebuah mesin yang disebut dengan Domain Controller

Fungsi Active Directory ini bermacam - macam yaitu :
- Memanagement suatu user secara terpusat (User Management).
- Memanagement sumber daya jaringan secara terpusat sehingga lebih mudah untuk mengkontrol (Source Management).
-  Memiliki fasilitas yaitu Group Policy berfungsi untuk mengatur pengguna komputer yang boleh memasuki organisasi atau grup tertentu.

Oke langsung saja kita akan menginstall Active Directory, berikut langkah - langkahnya :

1. Masuk ke Server Manager lalu klik dan muncul menu seperti gambar dibawah ini. Lalu kita pilih Add Roles and Features.

2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini, kita langsung next saja.

3. Langkah berikutnya kita pilih Role based on feature-based installation, dan kita klik next.

4. Setelah itu kita pilih Select a server from the server pool, lalu kita klik next. 

5. Kita klik centang atau check mark pada pilihan Active Directory Domain Services. Setelah itu kita klik next.

6. Lalu kita klik Add Features.

7. Kita centang / check mark Active Directory Domain Services dan kemudian klik next.

8. Kemudian centang Group Policy Management dan next.

9. Kita klik next.

10. Selanjutnya kita Install.

11. Tunggu proses installasinya hingga selesai, selagi menunggu sambil ngopi dulu biar rileks sejenak hehehe.

12. Setelah selesai Installasinya kita pilih close.

13. Terdapat notif tanda seru yang artinya terdapat peringatan, kita klik notif tersebut lalu kita lakukan konfigurasi klik Promote this server to domain controller ( Artinya yang dimaksud adalah kita install  Role dan Features AD DS, proses selanjutnya adalah mempromosikan Server ini menjadi Domain Controller Server ).

14. Langkah berikutnya kita pilih menu Add new forrest dan tentukan nama domain yang ingin kalian buat ( misalnya : ryanverdian.com ). Setelah itu kita klik Next.

15. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, pada opsi Specity domain controller capabilties kita centang Domain Name System ( DNS ) Server, Global Catalog ( GC ), lalu isi password untuk Directory Services Restore Mode ( DSRM ).

Note : Untuk lebih detailnya Server AD DS kita ini akan berfungsi sebagai Global Catalog Server ( artinya adalah yang akan menghandle seluruh data domain ryanverdian.com misalnya ) dan untuk DNS Server ( harus dan wajib menjadi Local DNS Server untuk jaringan Domain kita ).

16. Selanjutnya akan muncul tampilan menu dibawah ini, kita langsung klik Next.

17. Selanjutnya kita buat NetBIOS domain name ( buat nama domain kalian masing - masing ), setelah itu kita Next.

18. Setelah itu akan muncul tampilan informasi mengenai penempatan AD DS Database, Log Files dan SYSVOL ( penempatan Login Script dan shared folder Login akses user domain ). Lalu kita klik Next.

19. Selanjutnya akan muncul tampilan Review dari konfigurasi yang telah kita pilih tadi dan cek terlebih dahulu apakah sudah benar, jika sudah kita klik Next.

20. Lalu akan muncul tampilan informasi pada konfigurasi AD DS kita, lalu kita klik Install.

21. Selanjutnya setelah proses installasi selesai, Server kita akan melakukan Restart otomatis, setelah server Up kembali akan muncul Login Account berbeda dengan Local Admin Account sebelumnya. Disini akan menampilkan nama Domain yang telah kita buat tadi. Selanjutnya kita pilih Account Domain Administrator  dan masukkan Password yang tadi kita buat.

Lalu buka menu Server Manager dan nantinya akan muncul menu bari di sebelah kiri yaitu AD DS dan DNS, dan kalian sudah selesai melakukan Installasi Active Directory di Windows Server 2019 di next artikel kita akan mengkonfigurasi lebih lanjut dalam membuat User dan Group Policy Security serta pengaturan User sesuai departemen kerjanya dan lain - lain.

Semoga berhasil....

1 comment for "Step by Step Installasi Active Directory Windows Server 2019 ( Bagian 2 - Installasi Active Directory ) "