Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Melatih Otak Kanan Agar Berfungsi Baik

 Pengertian dari Otak adalah salah satu bagian tubuh yang ada di kepala manusia. Otak merupakan pusat sistem pengaturan yang memiliki volume sebesar 1.350cc, Fungsi dari otak sangat banyak sekali dan merupakan bagian tubuh yang paling penting karena semua secara keseluruhan organ tubuh manusia digerakkan oleh otak dengan cara berpikir.

Didalam kepala manusia terdapat otak yang terdiri dari otak kanan dan otak kiri, masing-masing dari otak tersebut mempunyai bagian fungsi yang berbeda. Jadi kita akan membahas pada otak kanan yang memiliki kapasitas 90% dibandingkan dengan otak kiri yang hanya 10%. Jangan anggap remeh juga otak kiri walau hanya 10% ia memiliki fungsi yang sangat membantu kita misalnya tentang pembahasan dengan bahasa, matematika, logika, analisa, ilmu pengetahuan, dll. Sedangkan untuk otak kanan memiliki fungsi tentang kreativitas, naluri, inovasi, tanggung jawab, keuletan, spirit, kedisplinan, dll. Oke kita langsung saja contoh dan praktek kan latihan untuk melatih otak kanan kita agar berfungsi dengan baik.

1. Memainkan Alat Musik

Siapa sangka, jika kita memainkan alat musik itu merupakan salah satu cara untuk melatih otak kanan. Musik apa pun yang kita mainkan merupakan stimulan yang ampuh untuk kita agar suasana tenang dan memberikan dorongan semangat untuk terus berkembang.

2. Olahraga

Salah satu cara untuk melatih otak kanan juga tak lain adalah olahraga, olahraga meningkatkan kebugaran jasmani karena melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dengan waktu tertentu dan mempunyai manfaat lebih rileks dan sehat untuk tubuh kita.

3. Menggambar

Seseorang yang suka menggambar cenderung memiliki pola pikir dengan imajinasi yang luar biasa, menggambar adalah hal yang sangat menyenangkan terutama untuk anak kecil melatih otak kanan untuk pandai berfikir apa yang ingin dia gambar. Berfikir dan bermain dengan alat gambar menghasilkan suatu gambar yang kalian pikirkan tak perlu bingung untuk memulai, buatlah yang paling simple dulu dan berimajinasi lah dengan senang.

4. Menulis Cerita

Membuat sebuah cerita dengan ide sendiri terbilang susah-susah gampang jika kalian tidak terbiasa, cobalah menciptakan alur cerita khayalan sendiri dengan simple dan menuliskannya. Hal ini sangat menyenangkan dan membuat wawasan pikiran dan imajinasi kita terbuka. Jadi mulailah dengan perlahan agar otak kanan kita berfungsi dengan baik.

5. Left-handed brushing

Jika kita sering atau tiap hari menggosok gigi dengan tangan kan, nah cobalah dengan tangan kiri untuk menggosok gigi di pagi hari sedangkan sore atau malam hari tetap menggosok gigi dengan tangan kanan. coba praktekkan cara ini untuk melatih otak kanan anda dan tangan kiri anda.

6. Left-handed handling

Jika kita membuka pintu setiap hari dengan tangan kanan maka sekarang lakukan menggunakan tangan kiri untuk membuka pintu. Cobalah dan lakukan berulang-ulang kebiasaan baru ini setiap hari, karena kebiasaan baru ini akan merubah cara kalian membuka pintu dan mungkin awalnya akan terlihat enggak nyaman tapi semakin lama kalian melakukannya maka akan terbiasa.

7. Left-handed signing

Bagaimana jika kalian membuat tanda tangan dengan tangan kiri di kertas kosong dan lakukan minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut untuk lebih menegaskan, karena mencoba tanda tangan dengan tangan kiri di kertas kosong akan melatih otak kanan kita. Suatu saat kalian akan menemukan keajaiban, yaitu 2 dari 10 tanda tangan tersebut akan menyerupai bentuk aslinya (dikutip dari berbagai sumber).

8. Left-handed writing

Kita sering menulis dengan tangan kanan, bagaimana kita mencoba hal baru yaitu menulis dengan tangan kiri ? menulis dengan tangan kiri mungkin terbilang rumit dan susah pada saat menulis oleh karena itu kita coba hal yang sesimple mungkin misalnya kita tulis nama kalian sendiri di kertas kosong dan lakukan minimal 10 kali sehari atau lebih, jika ingin lebih meyakinkan lagi minimal 14 hari berturut-turut dan nantinya kalian akan menemukan keajaiban yaitu pada hari ke-3 kalian dapat menulisnya dengan sangat mudah tetapi tidak sama seperti tulisan baik seperti tangan kanan.

9. Eight game

Mencoba menulis simbol atau angka delapan tidur di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, permainan sederhana ini mempunyai pengaruh juga terhadap otak kanan yaitu bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Ayo coba mulai praktekkan sekarang dan lakukan setiap hari setelah sarapan minimal dua menit atau lebih.

1 comment for "9 Cara Melatih Otak Kanan Agar Berfungsi Baik "

  1. saya melakukan ini demi meyakinkan kepada dunia jika golongan org2 dominan kanan itu sangat di buth kan meski buruk dalm pelajrn org2 norma, yg sudh di rancang

    ReplyDelete